KEBIASAAN BAIK YANG MAMPU MELINDUNGI ANAK


Jika anak atau buah hati keluar rumah sendiri, kadang kita merasa cemas, khawatir, bahkan takut. Terlebih lagi, kita terlalu sering mendengar berita-berita buruk dari berbagai media: pembullyan yang dilakukan teman-temannya, penculikan anak, pelecehan, perkosaan, bahkan pembunuhan seperti yang dialami oleh gadis kecil, Yuyun.

Dan kita pun tidak mungkin bisa menemaninya setiap saat dan keadaan. Karena itulah, biasakan anak melakukan kebiasaan yang bisa menjaga keselamatannya.

Berikut beberapa kebiasaan yang harus kita ajarkan kepada anak-anak.
1. Biasakan minta izin kepada orang tua, jika ingin keluar rumah serta biasakan dia menjelaskan ke mana dan apa tujuannya?
2. Sejak kecil, biasakan anak-anak perempuan tidak keluar rumah, kecuali untuk hal penting dan biasakan ia keluar rumah selalu ditemani atau dihantar jemput oleh orang dewasa diantara mahramnya.
Dalam agama, memang dilarang perempuan bepergian tanpa mahram. Lebih jelasnya lihat artikel sini.
3. Biasakan setiap keluar rumah mengucapkan salam.
4. Biasakan setiap keluar mereka selalu berdoa:


Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan, “Barangsiapa keluar dari rumahnya membaca, ‘bismillâhi tawakkaltu ‘ala llôhi lâhaula walâquwwata illâ billah’, maka dikatakan kepadanya, “Kamu telah dicukupi dan dijaga (dari keburukan) dan setan akan menjauh darinya. (H.r. Tirmidzi).
Dalam riwayat lain disebutkan, “Maka dikatakan kepadanya, ‘Kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dijaga, dan setan-setan menjauh darimu.” Maka setan berlari dan berkata kepada teman-temannya, “Bagaimana kamu dapat menggoda seseorang yang diberi petunjuk, dicukupi, dan dijaga.” (H.r. Abu Dawud)




Seperti dilihat dari makna doa dan keutamaan, dengan dua doa ini, Insya Allah, Allah akan lindungi anak-anak kita.
4. Anak perempuan, biasakan keluar rumah memakai hijab, walaupun masih kecil. 
Selain itu, ajarkan pada mereka, jika kita amalkan sunnah, akan mendatangkan pahala dan kecintaan dari Allah. Insya Allah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEBIASAAN BAIK YANG MAMPU MELINDUNGI ANAK"

Post a Comment