Menu
Cahaya Akhwat

Doa Yang Diajarkan Rasulullah kepada Fatimah




Dari Anas bin Malik,  bahwasanya Rasulullah bersabda kepada Fatimah, "Mengapa kamu tidak mendengarkan apa yang aku pesankan kepadamu? Yaitu,  ucapkan di waktu pagi dan sore hari,  'yaa Hayyuu ya Qayyuum,  birahmatika astaghiits, ashlih lii sya'nii kullahu, wa laa takilnii ilaa nafsii tharfata 'ain.'

ياَ حَيُّ يَا قَيـُّـومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَـغِـيْثُ أَصْلِـحْ لِـيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلَا تَـكِلْنِي إِلىٰ نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ
Artinya: Wahai Dzat Yang MahaHidup, lagi Maha Mengurusi (makhluk-Nya), dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah keadaanku seluruhnya dan jangan Kau serahkan aku kepada diriku sendiri sekejap mata pun.)

Doa ini diawali dengan menyebut dua nama Asmaul Husna terlebih dahulu,  karena  biasanya - selain memang merupakan adab dalam berdoa – jika doa didahului dengan menyebut Asmaul Husna – doa tersebut akan mustajab.  Ditambah lagi dengan mengatas namakan rahmat Allah atau penghambaan atau memelas rahmat Allah, biasanya ijabah Allah semakin dekat.


Doa berikutnya,  minta diperbaiki  kehidupan seluruhnya. Kita manusia, pastilah menginginkan kehidupan kita baik. Ya tentu saja, baik menurut Allah yang menciptakan dan Mengurusi seluruh makhluk, tentu Allah lebih tau apa yang baik menurut Allah untuk kita.  Sedang menurut kita baik,  belum tentu baik dalam Pengetahuan Allah yang Luas dan penuh Kasih Sayang.

Diakhiri dengan  'jangan serahkan pada diriku sendiri meski sekejap mata'.  Memang, seandainya sekejap mata saja kita berbuat dengan menurut nafsu dan keinginan kita, sedang keinginan tersebut tidak bersandar pada petunjuk agama,  maka dapat dipastikan kita akan hancur, kecuali dengan rahmat Allah.

Sebuah pepatah mengatakan, "Jika Allah menghendaki kehancuran pada semut,  maka cukup diberi-Nya sayap. "
Mungkin kita berpikir dengan adanya sayap,  semut akan bebas dan lebih mudah mencari makanan.  Akan tetapi,  dalam Pengetahuan Allah, justru itulah bentuk Perlindungan Allah.

Doa ini, sangat penting kita amalkan agar kehidupan kita selalu Allah perbaiki dan Allah lindungi dari keinginan dan angan-angan yang membinasakan.

In sya Allah,  niat amal dan sampaikan. ^_^

  *Hadits riwayat Hakim 

Tidak ada komentar