Menu
Cahaya Akhwat

YUK, MENJADI AKHWAT YANG PINTAR.


Yuk, Jad Akhwat Yang Pintar

Assalamualaikum Wr. Wb.

Menjadi seorang akhwat itu adalah  sebuah anugerah. Mendapatkan kecantikan dan juga diberi sikap penuh kelembutan. Kecantikan dan keanggunan seorang akhwat tentu bukan saja hanya dinilai dari penampilan. Jangan puas hanya menjadi cantik, tetapi jadikanlah dirimu juga cerdas. Karena kecantikan tanpa kecerdasan tentu saja hanya akan  mendatang fitnah bagi pemiliknya.
Untuk itu, sebagai akhwat wajib hukumnya untuk menuntut ilmu. Karena jika tiba saatnya seorang akhwat tentu saja akan mterjun ke dalam kehidupan berumah tangga yang akan mendapatkan tugas yang paling utama yaitu mendidik anak-anaknya sebagai generasi penerus Rasulullah SAW.
Kedudukan ilmu sangatlah penting di dunia ini, seperti pesan yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam beberapa hadist.

Hadis Menuntut Ilmu


Dari Abu Umamah Al Bahili r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda “Hai manusia, tuntutlah ilmu sebelum ilmu itu ditarik juga sebelum ilmu itu diangkat.” (HR. Ahmad V/266)

Lalu, ilmu apa yang paling penting untuk dikuasai oleh seorang akhwat?
Hadis Menuntut Ilmu


Dari Abdullah r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda, “belajarlah Al-Qur’an dan ajarkanlah kepada orang lain; pelajarilah ilmu dan ajarkanlah kepada orang lain; perkara-perkara yang fardu dan ajarkanlah kepada orang lain, karena aku adalah manusia yang akan ditarik dari dunnia ini (wafat), dan sesungguhnya ilmu pengetahuan juga akan segera diangkat, sehingga (suatu saat nanti) dua orang akan berselisih (tidak sependapat) tentang perkara yang fardhu (karena kurang pengetahuan), sedangkan tidak ada seorang pun yang memberitahukan secara benar kepada keduanya tentang perkara fardhu tersebut.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul  Iimaan II/255)

Dengan menjadi akhwat yang pintar tentu saja kita dapat menjadikan dunia ini kendaraan bagi kita menuju akhirat. Menjadi akhwat yang pintar mewajibkan kita untuk terus menuntut ilmu dan terus belajar, baik itu dari sebuah bacaan atau pun dari proses kehidupan. Perkembangan zaman seperti saat ini jangan sampai mebuat kita terlena. Belajar tentu saja bukan hanya dilakukan di belakang meja saat sekolah atau kuliah. Manfaatkan segala teknologi yang ada. Misalnya, koneksi internet dapat membantu kita menambah ilmu yang bermanfaat. Perbanyaklah pemberian nutrisi pada otak kita dengan informasi-informasi yang berguna, hal ini tentu saja jauh lebih bermanfaat dari pada stalking Status Facebook orang yang membicarakan hal-hal yang tidak penting.

Jangan pernah bosan untuk berbagi ilmu yang telah didapatkan. Jika kita mengajarkan ilmua yang bermanfaat pada orang lain, dan orang itu melaksanakannya, tentu saja kita mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang telah kita ajarkan tanpa mengurangi pahala yang Allah SWT berikan padanya. Selain itu, dengan mengajarkan ilmu bermanfaat kepad orang lain, kita sendiri juga akan semakin menghafal ilmu tersebut karen kita mengulang materi dengan sendirinya.

Menjadi akhwat pintar itu wajib!

Wassalamualaikum Wr. Wb

1 komentar

  1. yup jadi muslimah memang harus pintar, cerdas dan sholihah tentunya. Jika kita tau insyaallah amalnya jadi benar. Kemudian bisa jawab kalau ada yang nanya.

    BalasHapus