Menu
Cahaya Akhwat

Awali dan Akhiri Hari dengan Zikrullah



Orang sering bilang, “Awali pagi hari dengan keceriaan. Karena jika paginya ceria, akan besar kemungkinan akan ceria sepanjang hari.

Memang, jika mengawali pagi dengan kekusutan, besar kemungkinan akan melewati sepanjang hari dengan kekusutan. Karena bermulanya bukan dari situasi dan kondisi, tapi pemikiran yang sudah tertutup dengan kemelut. Sehingga sulit baginya berpikir positif, seberapa pun bagusnya situasi itu. Jika mengalami situasi buruk, jiwa langsung merespon dengan pikiran dan (kadang) dengan tindakan buruk.  

Pikiran yang ceria akan lebih terbuka menerima kebaikan, sehingga di matanya selalu luar biasa walaupun itu kebaikan kecil. Dan ia lebih berlapang dada menerima situasi buruk, bahkan kadang ada sisi sifat syukur karena ia telah melihat banyak hikmah di balik kejadian buruk tersebut.

وَاذْكُرِ اسْمَ رَبِّكَ بُكْرَةً وَّأَصِيْلًا
“Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang.” (Q.s. Al-Insaan : 25)

Awali pagi hari dengan duduk berzikir kepada Allah sejenak, insya Allah, kebaikan akan menaungimu sepanjang hari. Awali sore hari dengan duduk berzikir kepada Allah, insya Allah, kebaikan akan terus mengalir sepanjang malam.

Hati yang terbuka untuk mengingat Allah, maka ia akan melewati hari dengan selalu mengembalikan kepada Allah. Jika baik, ia bersyukur. Jika kurang nyaman, dia bersabar.
Hati yang terbuka untuk berbuat kebaikan, insya Allah, sepanjang hari, hatinya selalu terbuka untuk berbuat kebaikannya lainnya. Sebaliknya, hati yang lalai dari mengingat Allah, maka tidak menutup kemungkinan akan lalai sepanjang siang dan sepanjang malam.

“Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.” (Q.S. Al-A’raf : 205)

Pastikan pagi dan soremu selalu berzikir kepada Allah, semoga kebaikan selalu menaungi sepanjang siang dan malam.
Pastikan ada istighfar pada pagi dan soremu, semoga Allah mengampuni semua yang telah dilakukan sepanjang dan malam.
Pastikan ada shalawat pada pagi soremu, semoga rahmat Allah selalu menaung dan hatimu selalu terbuka untuk menghidupkan sunnah.


*gambar dari google

Tidak ada komentar