Menu
Cahaya Akhwat

Cinta dan Doa Malaikat




Seorang Mukmin mempunyai banyak keutamaan di sisi Allah. Salah satunya adalah mendapatkan doa malaikat, makhluk yang makbul di sisi Allah.


Cinta dan Doa Malaikat.
(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan Malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan Kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,
Ya Tuhan Kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,
dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu Maka Sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan Itulah kemenangan yang besar."  (QS. Al-Mu'min : 7-9)

“Ya Tuhan Kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, Maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau.” malaikat memohon ampun kepada Allah buat orang yang bertaubat dan mengikuti jalan yang telah di atur oleh Allah melalui Rasul-Nya.
“Mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,” memohonkan perlindungan dari azab neraka yang mengerikan.

Jika kita tengok terjemah surah Al-Baqarah ayat 30
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat, “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Bukannya malaikat tidak percaya atau membantah atas keputusan Allah, menjadikan manusia menjadi khalifah di muka bumi. Tetapi malaikat sangat khawatir, kalau kalau manusia tak mampu menanggung beban tanggung jawab ini. Karena dalam diri manusia, ada sifat hewani, ada sifat syahwat. Yang syahwat ini, sewaktu-waktu bisa menjerumuskan manusia.

Kekhawatiran dan kasih sayang malaikat terlihat lagi dalam doa di atas. Malaikat memohon ampun dan memohon perlindungan dari api neraka, karena malaikat sendiri menyaksikan bagaimana seorang mu’min betapa tertatih berusaha mentaati Allah, jatuh bangun melawan hawa nafsu yang sejak lahir sudah dalam diri sendiri dan bermujahadah dalam beribadah.

“Ya Tuhan Kami, dan masukkanlah mereka ke dalam syurga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua “ dan malaikat menagih janji Allah agar memasukkan orang-orang beriman, orang-orang yang mengikuti petunujk kedalam surga-Nya. Bukannya tak percaya pada janji Allah, namun karena terlalu sayang dan khawatir yang begitu dalam, hingga melahirkan harap dan cemas dalam berdo’a. malaikat juga memohon agar orang-orang beriman supaya dikumpulkan dengan cucu dan moyang mereka yang shaleh di akherat kelak.

Siapa pun tau dan malaikat pun tau, bahwa berkumpul dengan keluarga adalah suatu hal yang sangat menggembirakan, dan suatu kesedihan bila di saat berkumpul, jika ada satu atau dua orang anggota keluarga yang tak ada dan tak tau rimbanya!
“Dan peliharalah mereka dari (balasan) kejahatan. dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (pembalasan) kejahatan pada hari itu Maka sesungguhnya telah Engkau anugerahkan rahmat kepadanya dan Itulah kemenangan yang besar.” Setelah memohonkan surga, karena sayang yang mendalam, malaikat memohonkan lagi, agar orang yang berusaha mengikuti petunjuk, agar tak kesusahan karena kesalahan-kesalahan mereka, misalnya dalam kubur, hari kebangkitan, saat pemeriksaan di mahkamah, atau saat meniti shirat. Karena sesungguhnya malaikat pun tau bahwa rahmat Allah, mendahului dari pada azab Allah. tau bahwa hanyalah rahmat Allah, yang bisa menyelamatkan seorang mukmin dalam menempuh perjalanan demi perjalanan di akherat kelak.

Kasih sayang dan doa malaikat selalu hadir dalam setiap nafas dan denyut nadi seorang mukmin. Ini terlihat juga pada sebuah riwayat, bahwa jika Allah mencintai seorang hamba, maka malaikat Jibril ‘alaihis salam akan memberitahukan kepada malaikat yang ada di langit bahwa Allah mencintai si Fulan maka seluruh malaikat yang ada di langit akan mencintainya, lalu di sampaikan pula berita itu ke bumi, maka cinta pulalah yang ada di bumi. Begitu juga hal itu bila Allah membenci seorang hamba, hingga sampai yang ada di bumi pun benci kepada orang itu.

Banyak pula riwayat yang menyatakan, cinta dan malaikat itu selalu tercurah dalam aktivitas-aktivitas seorang mukmin, misalnya bersedekah, menunaikan shalat wajib, (bahkan malaikat memohonkan ampun, kepada seseorang makmun yang aamiin-nya bertepatan dengan aamiin-nya imam dalam shalat berjamaah dan disambut pula oleh aamiin nya malaikat), doa seorang mukmin kepada saudaranya, dan aktivitas lainnya yang dilakukan seorang mukmin yang tak ingin lepas dari koridor agama.

“Barangsiapa tidur dalam keadaan suci, maka malaikat selalu berada di dekatnya dan tidaklah ia terjaga kecuali malaikat berdoa, “Ya Allah, ampunilah hamba-Mu karena ia tidur dalam keadaan suci /berwudhu (selama ia tidur, malaikat akan terus mendoakannya.” (HR. Ibnu Hibban, dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu )

Tidak ada komentar