Menu
Cahaya Akhwat

Mendoakan Orang Lain


“Tiada seorang muslim yang mendoakan temannya tanpa diketahui oleh orang yang didoakan, melainkan akan disambut oleh malaikat, “Dan untukmu juga seperti itu.” (HR. Muslim dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu)

Mendoakan orang lain merupakan amalan yang paling, namun manfaatnya sangat besar bagi kita.
Setiap kali doa kebaikan yang tersisip untuk orang lain, dan mereka tidak mengetahuinya, maka malaikat akan selalu menjawab, “Untukmu juga.” Sedang doa malaikat pasti makbul. 

Mendoakan orang lain, salah satu cara untuk merayu Allah dengan perantara malaikat. Misalnya, jika kita menginginkan anak-anak yang shaleh, maka doakan anak-anak tetangga, anak-anak saudara, dan semuslim agar menjadi anak yang shaleh, maka malaikat akan mendoakan untuk anank-anak kita. 

Karena itu, sisipkan nama-nama saudara kita, baik dekat maupun jauh, saudara semuslim dalam setiap doamu. Agar kita juga mendapatkan kebaikan yang sama.


Mendoakan orang lain tanpa dia ketahui adalah salah satu ikon kasih sayang dan ketulusan.  Semakin banyak kita mendoakan orang lain, sebanyak itu pula doa malaikat untuk kita. Dan semakin bersemi bunga-bunga ketulusan dalam hati kita,  yang akan menyerbakkan sikap dan prilaku yang memukau. 

Selain itu, berhati-hatilah dari mendoakan keburukan atau sumpah serapah untuk orang lain, karena malaikat akan mendoakan hal yang sama untukmu.  

Jangan lupakan saudaramu dalam setiap doamu.

Tidak ada komentar